Pasar Output
1. Pengertian Pasar Output
Pasar output adalah pasar tempat
barang/ jasa diper-dagangkan. Pasar output atau yang biasa disebut pasar saja
merupakan tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga bisa berinteraksi
untuk membentuk harga keseimbangan.
2. Struktur pasar
Struktur
pasar adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja
perusahaan dalam pasar. Faktor-faktor tersebut adalah
- Jumlah perusahaan yang
berada di pasar
- Skala produksi
- Banyaknya pembeli
- Biaya memasuki pasar
- Informasi mengenai keadan
pasar
- Mudah tidaknya memasuki
pasar
3. Jenis-jenis Struktur
Pasar
Jenis struktur pasar dibagi menjadi tiga jenis:
a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna
merupakan bentuk sempurna sebuah pasar. Ciri-cirinya:
-Pembeli dan penjual sangat
banyak.
-Perusahaan menjual produk
yang standar atau memiliki tingkat homogenistas yang sangat tinggi.
-Penjual dan pembeli
memperoleh informasi yang sempurna mengenai kondisi pasar.
-Perusahaan dan sumber daya produksi
bebas bergerak.
-Perusahaan dapat keluar
dari pasar atau masuk ke pasar dengan sangat mudah.
b. Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terdiri dari satu penjual yang
melayani permintaan yang sangat banyak dan produk yang dijual tersebut tidak memiliki
subsidi. Sebab-sebab terjadinya monopoli:
-Monopoli sumber daya
-Monopoli Ciptaan Pemeritah
-Monopoli Alamiah
c. Oligopoli (Duopoli)
Pasar
oligopoli adalah struktur pasar di mana terdapat sedikit perusahaan saja yang
menjual produk-produknya yang identik satu sama lain. Bentuk paling sederhana dari
oligopoli adalah duooli, yaitu hanya ada dua perusahaan yang berada di pasar
guna melayani permintaan konsumen. Dalam pasar oligopoli perusahaan dapat
menentukan sendiri harga produknya. Pasar oligopoli ditandai oleh beberapa
produsen yang menguasai pasar. Dalam pasar oligopoli terdapat ketergantungan
terhadap perusahaan lain. Artinya tindakan suatu perusahaan dalam pasar
oligopoli haruslah memperhatikan tindakan yang diambil oleh pesaing. Terdapat beberapa
model dalam pasar oligopoli. Yang pertama yaitu kolusi, pengertiannya adalah
persetujuan antarperusahaan dalam industri untuk membagi-bagi pasar dan
menetapkan harga. Kedua kepemimpinan harga, merupakan bentukkolusi informal
(tidak resmi) atau diam-diam yang terjadi pada ndustri yang memiliki
kepemimpinan harga.
d.
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolisik merupakan pasar
yang nyata nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Pasar persaingan
monopolistik adalah pasar yang mengambil sebagian lagi ciri pasar persaingan
sempurna. Pasar monopolistik merupakan suatu struktur pasar di mana terdapat
banyak perusahaan yang menjual produk produk sejenis, tetapi bervariasi
berdasarkan merek.
B. Pasar Input
Pasar
Input adalah pasar yang tempagt berinteraksinya permintaan dan penawaran input
atau sumber daya produksi. Sumber daya produksi tersebut meliputi:
1. Tanah
Tanah merupakan input
yang sangat penting dalam berproduksi. Segala sesuatu yang akan diproduksi
membutuhkan tanah. Dalam memakai tanah terdapat balas jasa yang harus dibayar
atas pemakaian tanah tersebut, hal ini disebut juga rente tanah atau sewa tanah
yaitu harga atau balas jasa yang harus dibayar untuk enggunaan tanah atau
sumber daya alam lainnya yang jumlah penawarannya tetap tidak bertambah.
2. Pasar Tenaga Kerja
Pasar tenaga kerja adalah
pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga bisa
dicapai harga keseimbangan tenaga kerja atau biasa disebut upah.
a. Sisi Penawaran Tenaga Kerja
Penawaran tenaga kerja adalah
jumlah tenaga kerja yang mau dan mampu melaksanakan pekerjaan tertentu dengan
mendapat balas jasa. Ciri cirinya adalah sebagai berikut.
-Faktor tenaga kerja adalah
manusia sehingga perlu diperlakukan layaknya manusia.
-Penawaran tenaga kerja bersifat
inelastis.
-Penawaran tenaga kerja beraneka
ragam.
b. Sisi Permintaan Tenaga Kerja
Permintaan terhadap tenaga kerja berasal
dari dunia bisnis. Tenaga kerja tersebut diminta karena diperlukan. Artinya
tenaga kerja diminta karena ada permintaan terhadap barangdan jasa. Dengan
demikian permintaan terhadap tenaga kerja merupakan permintaan turunan dari
permintaan terhadap barang dan jasa.
c.
Keseimbangan Pasar Tenaga Kerja
Pertemuan antara permintaan dan penawaran
tenagakerja terjadi di pasar tenaga kerja. Selintas pertemuan permintaan
tenaga kerja dengan penawaraban tenaga
kerja akan mudah terjadi. Bahkan, pasar tenaga kerja tersebut tidak betbeda
dengan pasar pasar lainnya. Pasar tenaga
kerja sanga tidak sempurna sehingga tidak bisa dengan mudah mempertemukan
permintaan dengan penawaran tenaga kerja.
3.
Modal
Sumber daya modal adalah barang-barang
(sarana) yang dapa digunakan untuk menghasilkan barang lain.
a.
Permintaan
Modal
Permintaan modal biasanya berasal dari
dunia usaha. Dunia usaha memerlukan modal untuk membangun. Permintaan modal
juga biasanya dari individu.
b.
Penawaran Modal
Penawaran modal biasanya berasal dari
beberapa pihak. Perbankan merupakan salah satu pihak yang menawarkan modal
kepada masyarakat, selain itu ada juga asuransi dan perorangan dengan balasan
berupa bunga.
4.
Keahlian
Pengusaha
Pengusaha adalahrang yang menjalankan usaha
jual-beli atau memproduksi barang/jasa dengan tujuan mencari laba. Laba yang
diperoleh pengusaha disebut laba normal atau laba imbalan yang diterima pengusaha agar ia tetap tetap
mau berusaha dibidang tertentu atau biasa disebut biaya implisit dan laba
ekonomis, yaitu jumlah lebih dari harga normal.
kbetulan materi ini yg aku cari..izin di copast ya//
BalasHapusthks